Tips Agar Tetap Sehat Setelah Begadang


Di Indonesia, olahraga yang paling digemari oleh masyarakat adalah sepak bola. Permainan si kulit bundar ini punya daya tarik tersendiri, mengingat keseruan yang diberikan selama waktu 90 menit. Apalagi, negara Indonesia juga dikenal punya basis suporter terbesar dan paling fanatik di dunia. Baik klub lokal maupun klub besar di Benua Eropa.



Untuk sepak bola Eropa, perbedaan waktu menjadi hal yang dialami suporter Indonesia. Banyak laga yang dipertandingkan pada saat tengah malam dan dini hari. Khususnya untuk liga top seperti Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis. Tentu dibutuhkan kondisi fisik yang prima, mengingat juga harus beraktivitas di pagi hari. Berikut ini beberapa tips agar tetap sehat setelah begadang menyaksikan pertandingan sepakbola.

TipsSehat Melakukan Begadang


1.     Pilih Makanan dan Minuman Yang Sehat
Tips pertama jika Anda memutuskan untuk melakukan begadang demi melihat klub kesayangan berlaga yakni makan dan minum yang cukup. Kondisi tubuh yang seyogyanyadiistirahatkan pada malam hari, tentu membutuhkan tenaga lebih agar mata tetap terjaga. Pemilihan jenis konsumsi yang tetap dapat mendukung tubuh tetap prima.

Nutrisi yang sehat dapat menjadi asupantambahan agar tubuh tidak drop. Sebelum memutuskan begadang, ada baiknya makan sebelum pukul 21.00 agar tubuh dapat menghasilkan energi cukup. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan sebagai nutrisi tambahan. Jangan lupa minum air putih secukupnya untuk membantu metabolisme tetap lancar.

Hindari konsumsi camilan seperti gorengan yang tinggi lemak. Karena dapat berpotensi menyebabkan penyakit kolesterol. Minum kopi juga bukan pilihan yang tepat sebagai teman begadang nonton bola. Kadar kafein yang terkandung di dalam minuman tersebut bisa memicu gangguan kesehatan seperti susah tidur dan sakit kepala. Sebagai gantinya, Anda bisa meminum teh hangat.

2.     Tidur Terlebih Dahulu
Pertandingan sepak bola di Eropa biasanya berlangsung mulai tengah malam hingga pagi hari di bagian waktu Indonesia. Untuk itu, sebelum begadang, tips lain agar tubuh tetap sehat yakni dengan tidur terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu Anda menjaga kondisi tubuh yang perlu waktu istirahat.

Kelelahan mental dan fisik atau dalam bahasa medis disebut fatigue ini dapat diakibatkan dari aktivitas begadang nonton bola yang dilakukan. Ahli kesehatan menyatakan tubuh manusia normalnya harus beristirahat atau tidur minimal enam jam setiap hari. Untuk itu, meskipun berniat untuk begadang, jangan sampai waktu tidur Anda tersisa, sehingga menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

3.     Lakukan Olahraga Pada Pagi Hari
Kesalahan yang sering ditemui masyarakat Indonesia yang hobi melihat pertandingan sepak bola hingga begadang yakni langsung tidur setelah nonton. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan badan lemas, mata merah, dan kepala yang pusing. Apalagi jika sampai terlalu lama tidur di pagi hari, maka dapat menyebabkan kekurangan cairan sehingga tubuh menjadi drop.

Untuk itu, hal yang perlu Anda lakukan setelah begadang yakni berolahraga. Aktivitas ini membantu meregangkan otot-otot yang kaku setelah beberapa jam sebelumnya dipakai untuk menonton televisi. Seperti melakukan gerakan-gerakan pemanasan (stratching).  Hal tersebut berpengaruh banyak terhadap kesehatan tubuh agar tetap fit menjalani rutinitas sehari-hari.

Selain itu, olahraga lain yang direkomendasikan yakni lari atau jalan kaki. Selain menyehatkan, gerakan ini dapat berfungsi untuk menggerakkan seluruh bagian tubuh. Sehingga dapat memperlancar jalannya darah pada proses metabolisme. Lari atau jalan kaki juga membantu mata Anda melihat objek yang jauh. Agar dapat menghilangkan rasa jenuh, sakit kepala, dan mata merah setelah melakukan begadang di malam harinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Tetap Sehat Setelah Begadang"

Posting Komentar